:: Mutiara Kata Pembuka Hati ::

What's.....

Children

(Kahlil Gibran)

Your children are not your children.
They are the sons and daughters of Life’s longing for itself
They come through you but not from you,
And though they are with you yet they belong not to you
You may give them your love but not your thoughts,
For they have their own thoughts
You may house their bodies but not their souls,
For their souls dwell in the house of tomorrow,
Which you cannot visit, not even in your dreams
You may strive to be like them, but seek not to make them like you
For life goes not backward nor tarries with yesterday
You are the bows from which your children as living arrows are sent forth
The archer sees the mark upon the path of the infinite,
And He bends you with His might that His arrows may go swift and far
Let your bending in the archer’s hand be for gladness;
For even as He loves the arrow that flies,
so He loves also The bow that is stable


Thursday, September 22, 2005

Biarkan Aku Pergi Dalam Damai

Gibran

Biarkanlah aku pergi dalam damai, anakku.

Aku telah mematahkan jeruji-jeruji kerangkeng ini; Biarkanlah aku terbang dan jangan halangi, karena ibumu sedang memanggilku.

Langit cerah dan laut tenang, perahu siap untuk berlayar; jangan tunda perjalanan ini.

Biarkanlah tubuhku beristirahat bersama waktu yang berlalu; biarkan mimpiku berakhir dan jiwaku terbangun bersama fajar; biarkanlah jiwamu memeluk jiwaku dan berilah aku ciuman harapan; jangan ada satu pun kesedihan dan kepahitan yang tumpah ke tubuhku agar bunga-bunga dan rerumputan itu tidak menolak hidangan untuk mereka.

Jangan tuangkan air mata kesusahan ke tanganku, karena mereka akan menumbuhkan duri di atas kuburku.

Janganlah kau tarik guratan kesedihan di atas keningku, karena jika angin lewat dan membacanya mereka akan menolak untuk menerbangkan debu-debu dari tulang-belulangku ke padang yang hijau.

Aku mencintaimu, anakku, ketika aku hidup, dan aku akan mencintaimu ketika aku mati, jiwaku akan terus menatap dan menjagamu.

Jangan panggil tabib, karena dia hanya akan memperpanjang hukumanku di penjara ini dengan obat-obatnya. Hari-hari perbudakan telah berlalu, dan jiwaku mencari kebebasan di atas langit.

Jangan panggil pendeta ke sampingku, karena doa-doanya tak akan menyelamatkan aku jika aku memang pendosa, tak akan pula mendorongku ke surga kalaulah aku ini tak berdosa.

Kehendak manusia tak akan dapat mengubah kehendak Tuhan, sebagaimana seorang ahli perbintangan tak akan dapat mengubah arah dari bintang-bintang itu.

Tetapi setelah kematianku biarkanlah sang dokter dan pendeta melakukan yang mereka suka, sementara perahuku akan terus berlayar sampai ke tempat tujuan.

go to the top of the page

0 Comments:

Post a Comment
<< Home