:: Mutiara Kata Pembuka Hati ::

What's.....

Children

(Kahlil Gibran)

Your children are not your children.
They are the sons and daughters of Life’s longing for itself
They come through you but not from you,
And though they are with you yet they belong not to you
You may give them your love but not your thoughts,
For they have their own thoughts
You may house their bodies but not their souls,
For their souls dwell in the house of tomorrow,
Which you cannot visit, not even in your dreams
You may strive to be like them, but seek not to make them like you
For life goes not backward nor tarries with yesterday
You are the bows from which your children as living arrows are sent forth
The archer sees the mark upon the path of the infinite,
And He bends you with His might that His arrows may go swift and far
Let your bending in the archer’s hand be for gladness;
For even as He loves the arrow that flies,
so He loves also The bow that is stable


Wednesday, April 20, 2005

Pohon Pandan Tetangga

Prie GS

Tetangga sebelah rumah adalah tetangga yang amat populer di kampung saya. Nama aslinya Totok, tapi kemudian ada tambahan Pandan di belakangnya, dan jadilahTotok Pandan sebagai nama bekennya.

Tampaknya ia sangat menikmati tambahan nama baru itu. Bukan cuma karena terdengar keren, tapi juga karena nama itu begitu sering disebut. Jika orang kampung menyebut nama Totok, orang lain segera akan bertanya Totok yang mana. Jika telah disebut Totok Pandan sebagai jawaban, maka bereslah persoalannya. Jika ada orang tersesat dan bertanya, si penjawab akan menyebut rumah Totok Pandan sebagai land mark, sebagai ancar-ancar pertamanya. Jika orang itu baru pertama mendengar nama ini, si penjawab akan menuding jauh dengan telunjuk jarinya sambil menyebut, itu lhooo yang ada pohon pandan di depan rumahnya ituuu!

Tepat! Pak Totok ini menjadi terkenal bukan karena ia seorang tokoh yang namanya selalu dimuat di koran dan wajahnya selalu muncul di televisi. Ia orang biasa saja. Ia terkenal lebih karena pohon pandan di depan rumahnya itu. Pandan sebetulnya juga bukan tanaman langka. Ia nyaris bisa ada di mana-mana, gampangpula menanamnya.

Jika seseorang menanak nasi butuh semerbak baunya, nasi itu butuh dicampuri daun pandan. Jika hendak membuat kolak pisang bersantan dan butuh lebih semerbak, kolak ini membutuhkan pandan sebagai penyedapnya. Pendek kata, pandan adalah pohon murahan, gampangan tapi besar manfaatnya. Sesempit apapun tanah yang ada, orang tetap bisa menanamnya karena tanaman ini tak rakus lahan.

Tapi yang aneh, di seantero kampung kenapa hanya tetangga saya ini yang menanamnya. Itulah kenapa namanya jadi populer. Karena jika tetangga hendak menanak nasi, perlu menyempatkan diri menyambangi rumah Pak Totok dan memetik daun pandannya. Tiap hari hampir selalu saja ada yang memetik daun-daunnya.

Mereka bisa tetangga dekat, bisa tetangga dari lain desa yang kebetulan lewat di depan rumahnya. Jika yang empunya rumah tak ada, si pemetik biasa berteriak keras tanpa perlu jawaban; "Pak Totoook minta pandaaan," dan sudah merasa sah permintaannya. Lama-lama teriakan semacam itu menjadi begitu sering terdengar, dan menjadi pass word bagi para pemetik jika yang empunya rumah tak ada. Dan lama-lama pass word itu juga begitu populernya, sehingga banyak orang telah merasakan daun pandan Pak Totok, sudah menyebut nama Totok Pandan, tanpa harusselalu mengenal orangnya.

Begitu populernya nama Totok Pandan itu sehingga yang empunya nama sendiri heran. "Ternyata tidak perlu jadi pemain sinetron untuk terkenal. Tapi cukup hanya dengan menanam pohon pandan," katanya. Seterusnya mulut selebriti kampung ini nyerocos dengan lancarnya, bahwa menanam betul sih ia tidak, karena tanaman itu tak lebih adalah tinggalan almarhumah mertuanya. Jadi ia merasa memiliki kebaikan tak sengaja. Tapi betapa sesuatu yang tak disengaja pun, jika ia adalah barang berguna, begitu dahsyat efek baliknya. "Apalagi jika kita membuat kesengajaan terus-menerus," pikirnya.

Walau kebaikan itu cuma sederhana, cuma berupa daun-daun pandan, kenapa keharumannya bisa menular ke nama pemiliknya. "Apalagi jika kebaikan ini tidak cuma berupa daun pandan. Tapi juga berupa ribuan kebaikan lain yang kita punya tapi tak pernah kita pakai ini," katanya lebih jauh. Padahal ia mendapatkan bukti baru tentang kebaikan ini, pohon pandannya itu, meskipun tiap hari dipetik dan dikurangi, ia menjadi pohon yang amat sehat. Jadi ada rumus kesehatan yang syarat kedatangannya justru lewat mengurangi dan mengedarkan sesuatu yang berlebihan yang ada di dalam diri sendiri ini.

go to the top of the page

0 Comments:

Post a Comment
<< Home